WaNoJa Education

Total Pages Visitor

IP

Pencarian

 

Senin, 28 Februari 2011

ASP


ASP atau Active Server Pages adalah bahasa pemrograman lingkungan aplikasi terbuka (open application environment) berjenis server side untuk membangun aplikasi web (internet).

Lingkungan aplikasi terbuka maksudnya yaitu dengan menggunakan ASP, halaman-halaman Hypertext Markup Language (HTML), script, dan komponen ActiveX dapat dikombinasikan menjadi satu untuk membangun sebuah aplikasi web.

Bahasa pemrograman ASP diciptakan oleh Microsoft untuk menjawab tantangan pemrograman web dinamis, dimana isi dari sebuah situs dapat diprogram untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Tidak seperti HTML yang hanya menampilkan isi yang statis, ASP mampu menampilkan isi halaman yang berbeda sesuai dengan tujuan pemrogramannya.

ASP telah mencapai versi 3.0 yang berjalan pada platfom Windows 2000 Professional atau Server. Versi sebelumnya, yaitu versi ASP 2.0 dapat berjalan pada platform lain seperti Linux, Solaris, OS/2, dan Novell. Saat ini, Microsoft sedang merancang kelanjutan dari ASP 3.0, yaitu ASP+ yang berjalan pada Windows .NET Framework.

Bahasa ASP murni Object Oriented Programming (OOP). Struktur bahasanya sama dengan bahasa Visual Basic (VB) yang mudah dimengerti karena sintaksnya menggunakan Bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui, Bahwa Visual Basic (VB) adalah bahasa pemrograman yang paling mudah dimengerti dan dipelajari dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Oleh karena itu, ASP sangat mudah dipelajari oleh para pemula sekalipun untuk membuat aplikasi web, disamping keandalan dan kelengkapan fasilitasnya.


Artikel Terkait:

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Growth and Education Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Berlangganan via Email:

By FeedBurner