WaNoJa Education

Total Pages Visitor

IP

Pencarian

 

Selasa, 01 Februari 2011

Bahasa C

Bahasa Pemrograman C (C Programming Language)
Bahasa C adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer di dunia dan mempunyai kemampuan lebih dari bahasa pemrograman yang lain. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang ditulis dalam bahasa C, atau paling tidak inti utama programnya ditulis dalam bahasa C. Bahkan, Software Development Kit untuk Windows ditulis dalam bahasa C. Bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang sifatnya portable, yaitu dengan sedikit atau tanpa perubahan, suatu program yang ditulis dengan bahasa C pada suatu komputer dapat dijalankan pada komputer lain.


Bahasa C merupakan general-purpose language, yaitu bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk tujuan apa saja. C merupakan industrial-strenght language. Dengan bahasa C, kita dapat membangun beragam aplikasi, mulai dari pemrograman sistem, aplikasi cerdas (artificial intelligence), sistem pakar, utility, driver, database, browser, network programming, sistem operasi, game, virus, dan lainnya.

Bahasa C diciptakan oleh Dennis Ritchie. Sebenarnya, bahasa C merupakan pengembangan dari bahasa BCPL yang lebih dahulu ada. Sebagai bahasa yang digolongkan dalam middle level language, bahasa C mempunyai kemudahan didalam mengakses perangkat keras, juga kecepatan prosesnya yang mendekati low level language seperti Assembly, tetapi memberikan kemudahan yang tidak ditawarkan Assembly. Disamping itu, bahasa C jauh lebih mudah untuk dipelajari jika dibandingkan dengan bahasa low level karena mendekati frase-frase dalam bahasa manusia, yaitu bahasa Inggris.

Bahasa C mempunyai banyak keuntungan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Bahasa C merupakan bahasa yang kokoh dan memberikan keleluasaan kepada penggunanya. Pada tahun 80-an, penggunaan bahasa C di dunia industri semakin luas, sehingga kemudian distandarisasi oleh ANSI dan kemudian diadopsi oleh ISO, lalu diadopsi ulang oleh ANSI. Official name bahasa C adalah ISO/IEC 9899-1990. Jika kita ingin membuat sesuatu dengan bahasa C, hendaknya mengacu pada standar Bahasa C yaitu ISO C.

Keunggulan Bahasa C:
  • Flexibility: Mendekati Low Level Language namun mudah dimengerti
  • Portability: Dipakai dari komputer micro hingga superkomputer
  • Didukung oleh banyak libraries (pustaka)
  • Merupakan program terstruktur
Struktur Dasar Bahasa C
  • Bahasa C terdiri dari fungsi-fungsi
  • Tidak ada perbedaan prosedur dan fungsi
  • Setiap program c mempunyai satu fungsi utama "main"
  • Bersifat case sensitive(huruf besar dan kecil berbeda Setiap statement di akhiri tanda semicolon (;)

#include

fungsi_lain();

main()
{
deklarasi lokal;
statement;
}

fungsi_lain()
{
deklarasi lokal;
statement;
}


Artikel Terkait:

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Growth and Education Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Berlangganan via Email:

By FeedBurner